SEO Yang Kuat, Kunci Kesuksesan Jangka Panjang

Tujuan kita membuat suatu tulisan yaitu untuk dibaca, bukan hanya dibaca untuk kita sendiri, tapi tentunya untuk dibaca oleh orang lain. Begitu pula halnya dengan blog, masa iya kita bikin blog cuman buat dibaca oleh kita sendiri? Tentunya tidak kan? Yang kita inginkan adalah bagaimana blog kita bisa ada yang baca dan punya pembaca tetap. Kuncinya yaitu kita harus punya konten yang tepat serta menerapkan strategi-SEO yang kuat untuk misi dan visi jangka panjang dari web/blog kita.
Bagaimana caranya? Baiklah, langsung saja kita bahas caranya :

  1. Langkah pertama yaitu membuat harmonisasi nama domain, title, deskripsi, dan keyword. Karena Search Engine akan melakukan pelacakan bagian web kita di mulai dari alamat url-title-deskripsi-keyword-konten, dan memang logika alur pemrograman begitu kan? Bagaimana bisa mesin pencari mengenali isi posting kita tanpa melewati nama url-title-deskripsi, begitu juga dalam membaca kode html konten kita, serch enjin ini akan memulai dari tag h1-h2-h3 dan seterusnya, bagaimana mungkin dimulai dari tag h6 (tulisan dengan hruf yg kecil). Nama url adalah keyword pertama dari web kita, lalu title...dst.
  2. Lalu langkah kedua adalah menetapkan keyword-kata kunci utama yang tetap, dan jika tidak memiliki informasi-pengalaman yang baik tentang keyword apa yang paling pas dengan konten-konten yg kelak akan kita kembangkan di web kita, maka gunakan alat bantu seperti wordtracker.com atau menggunakan tool ranktracker, carilah keyword yang jumlahnya paling banyak dicari dan persaingannya tidak terlalu berat (boleh jg yg persainngannya berat asal kita merasa cukup punya kemauan kuat-keras untuk bersaing dan memenangkannya). Menetapkan keyword utama ini sangat penting karena akan menentukan kekuatan web kita di mesin pencari. Contoh cara menerapkan keyword pada konten di sini.
  3. Mulai membuat konten. SEO adalah langkah terstruktur dengan tahapan-tahapan proses, lakukan pembuatan konten pertama dengan semaksimal mungkin sebagai dasar pengenalan isi web kita ke mesin pencari. Cara yg cukup mudah dan efektif adalah dengan membuat 1-2 buah link pada konten pertama ini ke halaman Wikipedia.org sesuai tema web kita, dalam contoh ini, kita menggunakan tema menyediakan informasi seputar sejarah komputer dan internet, maka sebagai contoh bisa mengambil link pada tema http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer dan http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet. Karena seperti kita tau Wikipedia.org adalah sumber data penting yang sangat dipercaya oleh setiap search engine, jadi untuk tahap awal memasang link ke wikipedia sesuai isi web yang mau kita perkenalkan adalah sangat membantu web kita untuk dikenali search engine, untuk tahap awal ini jangan sekali-kali membuat link dengan web yg temanya tidak berhubungan web-blog kita, ini bisa memperlambat dan mengacaukan proses.
  4. Setelah membuat konten andalan-perdana pertama, lalu lakukan pendaftaran/submission ke search engine, minimal ke 3 mesin pencari terbesar google, yahoo, msn.
  5. Daftarkan RSS ke web directory/blog directory, seperti technorati, feedburner, blog indonesia, kampungblog, blogcatalog, mybloglog, RSS ini sangat penting guna mempermudah search engine melacak web kita terutama utk tahap awal, boleh mencari RSS sebanyak mungkin yang bayar atau yg gratis. Dan pada tahap ini kita akan mulai menambah konten/artikel secara bertahap, dan setiap artikel/posting yg kita buat usahakan selalu mengacu pada tema utama web kita berikut menerapkan keyword utama pada setiap konten.
  6. Dari semua proses yang telah kita jalankan di atas, semoga web/blog dan konten kita bisa terlisting/ter-indeks di search engine sekitar 2 minggu, dan ranking kita di search engine akan bergantung dari tingkat persaingan keyword dan kekuatan konten yang kita buat, dan selanjutanya perlu waktu 2-3 bulan untuk benar-benar kokoh dan memiliki peringkat yg baik di mesin pencari, dan untuk kategori blog usahakan minimal sudah memiliki 20 posting yg benar-benar efektif/sejalan dengan tema web.

Postingan terkait :
- Apa Itu RSS?
- Contoh Dasar-Dasar Menerapkan Keyword
- Menganalisa Kemauan Search Engine - Prediksi Algoritma SEO
- Berbagai Tools Untuk Mempermudah SEO

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mantab gan...artikelnya..oya..boleh tanya tidak, kalau submit di technocrati, bloglog, blog directory apakah gratis? atau yang mana yang gratis dari ketiga RSS tersebut?

atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Jangan lupa untuk berkunjung ke rumah saya (blog saya) gan...:)

okky
Best regard

Unknown mengatakan...

jon ijin copas templete nya yeh

Posting Komentar

semoga komentar anda bermanfaat bagi kita semua...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons