Langkah Memulai Teknik SEO Untuk Mesin Pencari Google

Memang ada banyak sekali mesin pencari selain google, tapi bila dibandingkan dengan yang lainnya google tetap yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet d seluruh dunia. Siapa saja, pengguna internet yang ingin mencari segala sesuatu sudah pasti tentunya akan membuka halaman google sebagai mesin pencarinya.
Dan faktanya hampir semua website/blog memilih bagaimanapun caranya agar dapat terindeks di mesin pencari google, apa artinya blog kita ter-indeks dan ada di urutan atas puluhan ribu search engine lain tapi tidak ter-indeks di GOOGLE...?? Bila di suruh memilih hampir bisa di pastikan semua akan memilih di indeks google meskipun tidak ter-indeks di mesin pencari yang lain...
Lalu, bagaimana langkah kita memulai teknik SEO untuk mesin pencari google??
Apa yang perlu kita pelajari??
Untuk itu, mari kita bahas 4 langkah dasar sebagai tahap-tahap menerapkan teknik SEO, yang tentunya harus dimulai menurut urutannya :
  1. Kita harus memiliki pengertian dasar yang baik tentang apa itu SEO, karena ini nanti-nya akan menjadi modal/basic pengetahuan kita untuk berkembang dan menciptakan berbagai kreativitas untuk memaksimalkan teknik SEO kita.
  2. Mengarahkan Web/Blog kita pada kriteria yang di sukai google dan ber-interaksilah sedekat mungkin dengan google dengan cara menggunakan fasilitas-fasilitas google misalnya, google readers. Hal tersebut meski boleh di bilang secara teknis tidak berkaitan tapi akan membiasakan kita memahami tingkah-laku si "Mbah" (google) ini, karena siapa yang tau dengan pasti gerakan algoritma google yang bisa berubah-ubah kapan dia mau. Selanjutnya kita perhatikan kriteria-kriteria web yang di rekomendasikan google berdasar point-point terpenting-nya menurut kesimpulan dan analisa berbagai sumber :
  • Isi/konten memiliki fokus tema yang jelas dan tidak keluar dari TITILE, DESKRIPSI, KEYWORD, alias yang di sukai adalah antara konten, title, deskripsi, keyword nyambung layaknya rantai, sudah banyak kasus blog yang dihapus dari indeks google karena memakai keyword ngawur (kalo di Indonesia biasanya berhubungan dengan porno) tidak sesuai konten.
  • Bila mau menjelaskan sesuatu dalam artikel gunakan teks, bila terpaksa pakai gambar dan jangan lupa beri titile, karena crawler google kan cuma bisa membaca teks bukan gambar.
  • Selalu memeriksa kode-kode html/css/php jika ada yang salah, misalnya bagian dari kode link yang terhapus tidak sengaja. Meski dari sudut pandang kita ini merupakan hal sepele, tapi bisa merupakan hal yang serius menurut crawler google, bisa di artikan web yang sedang error secara keseluruhan, karena dia mesin yang bekerja dengan membaca kode.
  • Jumlah link dalam 1 halaman paling banyak 100 link. 
  • Tidak tukar-menukar link atau memasang link (iklan misalnya) dengan web yang konten-nya tidak berhubungan dengan web kita... nah ini yang repot, ya begitulah konskuensi-nya main SEO. Jadi intinya sebelum kita memasang meta tag atau sitemap sebaik-nya kita rapikan dulu struktur web-nya kalau perlu kita hapus dulu sementara link-link yang tidak berkaitan dan baru setelah-nya di pasang lagi dan berusaha lebih memahami dengan mencari informasi yang ter-update tentang hal-hal yang di sukai google ini.
  • Tidak menggunakan jasa perusahaan yang menjual jasa SEO Service yang menjanjikan ranking bagus di search engine atau di kenal dengan istilah cloaking, meskipun tidak di larang tapi beresiko juga bisa di banned oleh google. Karena sekarang banyak perusahaan SEO Service yang menerapkan metode-metode yang bertentangan dengan ketentuan google. Termasuk jasa SEO-service gratis seperti yang banyak kita temui dengan judul FREE SEARCH ENGINE SUBMISSIONS, kita juga perlu berhati-hati apakah kita tahu perusahaan itu menggunakan metode yang benar atau tidak menurut google. 
  • Kekuatan konten, di sinilah yang juga di anjurkan google yaitu untuk memikirkan konten-konten yang unik orisinil dan berkualitas sebagai sajian situs/blog kita, dalam artian bisa berbentuk konten yang informatif sehingga di cari banyak orang yang menggunakan search engine ini, sehingga konten kita akan di bawa pada peringkat yang baik di search engine google, misalnya konten kita adalah bertema windows tutorials, software downloads, security computer, rahasia mencari uang, make money online dan sebagainya. Kembali kepada kekuatan konten tadi lalu bagaimana jawaban-nya? Jawaban-nya tentu dengan menggunakan rumus penjumlahan nilai. Contoh : Misalnya konten artikel kita nilanya 2 (karena umum banget), orisinil-litas nilanya 8 (karena benar-benar bukan co-pas misalnya), sifatnya unik (seluruh susunan teks dalam kalimat tampil beda) nilanya 8, lalu supaya kekuatan konten kita memiliki jumlah nilai sebesar mungkin, maka caranya adalah kita perbanyak konten misalnya dalam bentuk posting dengan kriteria minimal nilai awal tadi dalam setiap posting-nya : 2-8-8 di jumlah = 18, kalau kita mem-posting 10 kali berarti kita sudah mengumpulkan 180 nilai, dan misalnya web saingan kita cuma punya 120 nilai berarti kita sudah memenangkan persaingan ini di search engine google. Dan di sinilah sebuah nilai menguntungkan para Blogger di mana bisa meningkatkan nilai konten ini dalam bentuk memperbanyak posting, di banding web-web komersil yang statis yang hanya terdiri sekian halaman saja secara paten dan jarang sekali ter-update kecuali ada perubahan tertentu. Tapi di sini sebagai catatan bahwa SEO dan PR (page rangking) punya jalan akhir yang bertentangan di mana PR adalah jalan akhirnya tetap mempertahankan dan menaikan kualitas konten menurut kualifikasi dalam hal ini google, sedangkan SEO jalan akhirnya adalah bila traffic/pelanggan sudah banyak akan di arahkan untuk meningkatkan usaha/perusahaan atau uang dan tanpa memperdulikan PR ataupun kualifikasi website/blog yang baik menurut standarisasi google misalnya.
  • Di atas merupakan point-point penting-nya dan sisanya adalah larangan-larangan yang tidak perlu di sebutkan juga pasti sudah tau dan mengerti yaitu yang berbentuk kecurangan-kecurangan yang secara ahlak juga tidak baik.
Untuk selanjutnya, atau nomor ketiga dan seterusnya "baca di sini (sambungan dari postingan ini)".

Postingan terkait :
- Mengukur Kekuatan SEO Pada Blog Kita
- Langkah Memulai Teknik SEO Untuk Mesin Pencari Google
- SEO Yang Kuat, Kunci Kesuksesan Jangka Panjang
- Contoh Dasar-Dasar Menerapkan Keyword
- Menganalisa Kemauan Search Engine - Prediksi Algoritma SEO
- Tips Memanfaatkan Keyword Yang Salah Ketik
- Berbagai Tools Untuk Mempermudah SEO

1 komentar:

Bekasicell mengatakan...

trimakasih infonya sangat bermanfaat...

Posting Komentar

semoga komentar anda bermanfaat bagi kita semua...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons